JENIS – JENIS KABEL

JENIS – JENIS KABEL

Kadangkala bagi kita kabel hanyalah berfungsi sebagai penghantar listrik.. Namun apakah hanya itu yang anda tahu?? Bilamana anda jeli, maka  setiap kali anda membeli kabel di toko listrik, maka perhatikan baik baik kabel yang anda beli. Apakah sesuai dengan kebutuhan anda, atau jangan jangan anda hanya membuang uang anda. Atau malah bisa saja membahayakan jiwa anda (karna keteledoran membeli kabel).

Jangan anggap remeh ukuran dari kabel yang anda beli, namun untuk penulisan pertama ini saya akan menerangkan beberapa jenis jenis kabel yang ada dipasaran. Yang dimana tertulis kode kode diatas gulungan kabel atau di karet kabel.

  1. NYA

Kabel ini direkomendasikan untuk instalasi permanen, didalam panel distribusi atau sebagai konektor dalam panel. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas. Digunakan dalam lingkungan yang kering ( tidak disarankan dalam kondisi basah-lembab dan pengaruh cuaca sekitarnya secara langsung).

  1. NYM

Kabel jenis ini hanya direkomendasikan khusus untuk instalasi tetap di dalam bangunan yang dimana penempatannya bias diluar/ didalam tembokataupun didalam pipa (conduit). Bisa dipasang di ruangan yang kering dan lembab. Namun sekali lagi tidak disarankan dipasang diluar rumah yang dimana terkena panas dan hujan secara langsung ataupun ditanam langsung didalam tanah.

  1. NYY

Kabel ini dirancang untuk instalasi tetap didalam tanah yang dimana harus tetap diberikan perlindungan khusus (misalnya duct, pipa PVC atau pipa besi). Kabel protodur tanpa sarung logam. Instalasi bisa ditempatkan didalam dan diluar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering.

  1. NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel ini dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan  (kecuali harus menyeberang jalan). Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 0,8 meter.

  1. NYCY

Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel protodur dengan dua lapis pelindung pita CU Kabel. Instalasi ini bisa ditempatkan diluar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.

  1. NYAF

Kabel ini direncanakan dan direkomendasikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribbusi pipa atau didalam duct. Karena sifatnya yang fleksibel, kabel jenis ini sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan – belokan tajam. Digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab/basah atau terkena pengaruh cuaca secara langsung.

  1. NYMHY

Kabel jenis ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah pindah dan harus ditempat kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas. Bilamana digunakan untuk penghubung alat pemanas, maka pada titik sambungannya antar alat dengan kabel, temperaturnya tidak boleh lebih dari 85 derajat Celcius, karena hal tersebut dapat membahayakan kabel itu sendiri.

Demikian beberapa kilasan tentang apa saja jenis2 kabel yang terdaoat dipasaran. Bilamana ada sesuatunya yang kurang, dimohon kesediannya untuk member tanggapan secepat cepatnya. THX

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s